Mengenai Saya

Pengikut

Jumat, 18 Februari 2011

SOSIALISASI USBN PAI






MGMPPAI SMP dan SMA/SMK Kabupaten Bogor adakan sosialisasi USBN PAI 2011 bertempat di Aula Baitul Faizin Komplek Pemda Kabupaten Bogor pada Kamis 17 Februari 2011 yang diikuti oleh sekitar 150 Guru PAI dan unsur pengawas Dinas pendidikan dan pengawas Kemenag. Acara tersebut merupakan acara bersama yang diadakan oleh MGMP PAI SMP dan MGMPPAI SMA/SMK.
Kegiatan berlangsung selama 6 jam dengan nara sumber Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Kasi SMP Drs. Enjang, Dra. Deswarni Musa,MM., dari Kemenag Kab. Bogor yang dimotori Kasi Mapenda Drs. H. Bahrul Ulum, M.Pd.I, dan pengawas PAI Dra. Yati Supriyati dan Drs. Zaenudin, M.Ag yang membahas secara global tentang kompetensi seorang guru PAI. Materi tentang hal teknis USBN PAI dalam hal pendanaan, teknis pelaporan disampaikan oleh Fasilitator PAI Tingkat Nasional Ijen Zaenal, M.Ag sekaligus sebagai ketua MGMP PAI SMA/SMK.
Sedangkan pembahasan bedah SKL dan bedah kisi-kisi USBN PAI SMP disampaikan oleh team fasilitator tingkat Provinsi Jawa Barat, Oleh Ruhyana,S.Ag yang didampingi ketua MGMP PAI SMP Rasad,M.Pd.I. Sedangkan bedah SKL PAI SMA/SMK dipimpin langsung oleh Ijen Zaenal, M.Ag yang didampingi Cucu Salman. M.Pd.I.
Dalam bedah skl dan kisi-kisi peserta dibagi dua kelompok besar, kelompok GPAI SMP dan kelompok GPAI SMA/SMK, peserta sangat antusias dalam melakukan bedah SKL tersebut, terjadi adu argumen dan diskusi antara peserta dan nara sumber. GPAI semakin siap menyukseskan USBN PAI yang digagas oleh Kemenag RI terutama Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah.
Salah seorang peserta mengatakan" GPAI di Kabupaten Bogor siap menyongsong dan mensukseskan USBN PAI dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan agama Islam di sekolah dan mengangkat mata pelajaran PAI yang selama ini dijadikan secondline dalam pendidikan. Dengan adanya USBN PAI ini diharapkan dapat menjadi motivasi kepada guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendorong peserta didik memiliki minat dalam pembelajaran PAI serta membentuk karakter generasi bangsa ini, tegas Neneng S.Ag dari SMPN 1 Dramaga.
Dalam sosialisasi USBN PAI ini dilengkapi dengan sosialisasi tentang Ujian Praktek PAI sebagai standar minimal yang dapat dilaksanakan di sekolah tempat bertugas. Ini hanya standar minimal sebagaimana dijelaskan Kasi Mapenda, Drs. Bahrul Ulum, M.Pd.I, selebihnya dapat dikembangkan di sekolah masing-masing sesuai dengan standar sekolah, bagi SMPIT atau SMPI Plus tentunya akan lebih tinggi kompetensi yang diinginkan.
Pelaksanaan USBN PAI ini akan dilaksanakan secara serempak di wilayah terdekat di Kabupaten Bogor seperti Kota Bogor,Kota Depok yang rencananya informasi terakhir dari jadwal Dinas Pendidikan sekitar tanggal 30 Maret 2011. Semoga USBN PAI 2011 ini berjalan lancar dan sukses serta menghasilkan nilai yang memuaskan semua pihak.
Soal USBN PAI ini berjumlah 50 soal dalam bentuk Pilihan ganda yang harus diselesaikan peserta didik dalam waktu 90 menit atau 1,5 jam. Bentuk soal USBN kali ini lebih mengedepankan aplikasi dalam kehidupan masyarakat sesuai dengan tujuan pendidikan dalam pembentukan karakter membangun, solidaritas dan sosial yang demokratis serta Islami tentunya.
Demikianlah sekilas USBN PAI.
Oleh Ruhyana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar