Mengenai Saya

Pengikut

Sabtu, 09 Januari 2010

Draft kisi-kisi USBN Pendidikan Agama Islam Tahun 2009/2010

SALINAN
LAMPIRAN : SURAT KEPUTUSAN BERSAMA MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN MENTERI AGAMA
NOMOR .......TAHUN 2009 TENTANG UJIAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

A. Sekolah Dasar (SD)

No. Standar Kompetensi Lulusan Kemempuan yang Diuji Indikator
1 Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai surat Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq

Membaca QS Al-Fatihah dan QS Al Ikhlas dengan lancar - Disajikan kutipan ayat surat Al Fatihah, siswa mampu menentukan bacaan Surah Al Fatihah ayat 4
- Disajikan kutipan surat Al Ikhlas, siswa mampu menentukan bacaan kutipan ayat tersebut.
Membaca QS Al-Kautsar dengan lancar
Membaca QS An-Nashr dengan lancar

Membaca QS Al-‘Ashr dengan lancar - Siswa mampu melengkapi surat Al Kautsar
- Siswa mampu melengkapi harakat ayat pada surat An Nashr
- Siswa mampu melengkapi surat Al Kautsar
Membaca QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
Mengartikan QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
- Melengkapi harakat Surah Al Kafirun ayat 6
- Melengkapi bacaan Al Fil ayat 3
Membaca QS Al-Maun dan Al-Fiil
Mengartikan QS Al-Maun dan Al-Fiil - Siswa mampu melengkapi arti surat Al Ma’un
- Siswa mampu melengkapi bacaan surat al Fiil
Membaca QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
Mengartikan QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
- Menentukan bacaan Surah Al Qadar ayat 3
- Memilih bacaan Surah Al ‘Alaq ayat 2
- Menentukan arti Al Qadar
- Menyempurnakan arti Surah Al ‘Alaq ayat 2
- menentukan arti Surah Al Maidah :
“Waradhiitu Lakumul Islaama Diina”
- Mengartikan Surah Al-Hujurat ayat 13.
2 Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan Qadar

Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT

Mengartikan sifat jaiz Allah SWT
- Disajikan kutipan sebuah ayat, siswa mampu menentukan bahwa kutipan ayat tersebut berkaitan dengan sifat jaiz Allah SWT.
- Disajikan contoh suatu kejadian, siswa mampu menentukan bahwa kejadian tersebut merupakan perwujudan sifat jaiz Allah SWT
Menjelaskan pengertian Malaikat
Menyebutkan nama-nama Malaikat
Menyebutkan tugas-tugas Malaikat - Menjelaskan pengertian Malaikat

- Disajikan ilustrasi suatu peristiwa siswa mampu menentukan malaikat yang berperan dan sikap yang harus ditunjukkan
Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT
Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT
Menjelaskan Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir
- Menyebutkan Rasul penerima kitab suci zabur

- Menyebutkankitab suci yang diterima nabi Daud as.

- Menjelaskan bahwa Al Quran penyempurna kitab terdahulu
Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT
Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para Rasul
Membedakan Nabi dan Rasul - Menjelaskan peristiwa yang melatarbelakangi seorang Rasul mendapat julukan ulul azmi
- Siswa mampu menjelaskan perbedaan Nabi dan Rasul
Menyebutkan nama-nama Hari Akhir
Menjelaskan tanda-tanda Hari Akhir
- Menjelaskan arti Yaumul Mizan
- Menyebutkan salah satu tanda kiama tkubro.( kiamat besar )
- Menyebutkan salah satu contoh kiamat sughro ( kiamat kecil )
- Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir
Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar
Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar
- Menjelaskan pengertian Qadha dan Qadar
- Menentukan salah satu contoh Qadha
- Menunjukkan contoh Qadar/takdir
- Menjelaskan sikap menerima Qadar Allah swt.
- Menjelaskan hal-hal yang sebaiknya dilakukan sebelum takdir menimpa
3 Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi

Menceritakan kisah Nabi Adam AS

Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW

Menceritakan perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
- Siswa mempu menentukan penyebab Nabi Adam diturunkan ke dunia
- Siswa mampu menjelaskan kisah meninggalnya ayah Nabi, menjelaskan peristiwa yang terjadi menjelang kelahiran, dan menyebutkan tanggal kelahiran Nabi.
- Siswa mempu menjelaskan kehidupan Nabi setelah kelahiran sampai berumur 5 tahun.
- Siswa dapat menjelaskan sikapnya bila mereka mengalami kehidupan seperti kehidupan Nabi Muhammad SAW semasa pra dewasa.
Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS

Menceritakan kisah Nabi Ismail AS - Menentukan hal yang dilakukan Nabi Ibrahim AS setelah mendapat perintah Allah SWT untuk mengorbankan putranya
- Menjelaskan tanggapan dan jawaban Nabi Ismail ketika diberitahu bahwa atas perintah Allah SWT ayahnya akan mengorbankannya
Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
Menceritakan kisah Nabi Musa AS
Menceritakan kisah Nabi Isa AS - Menyebutkan penyakit yang diderita nabi Ayyub as.
- Menentukan Raja yang memusuhi Nabi Musa AS
- Menyebutkan nama kaum yang setia kepada nabi Isa As.
Menceritakan kisah Khalifah Abubakar RA

Menceritakan kisah Umar bin Khattab RA - Siswa mampu menjelaskan sikap Abu Bakar pada saat mendengar Nabi Isra Mi’raj
- Siswa mampu menjelaskan sikap-sikap positif Umar bin Khattab RA
Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal

Menceritakan perilaku Musailamah Al Kadzab
- Menyebutkan salah satu tindakan jahat Abu Lahab terhadap Nabi Muhammad SAW
- Menjelaskan salah satu penyebab kedengkian Abu Jahal
- Menjelaskan sebab Kholifah Abu Bakar memerangi Musailamah Al-Kadzab
Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
Menceritakan perjuangan kaum Anshar
- Menjelaskan kerja keras Kaum Muhajirin
- Menjelaskan pertolongan Kaum Anshar terhadap Kaum Muhajirin
- Menjelaskan hal-hal yang dilakukan Rasulullah dalam Fathul Makkah
4 Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari perilaku tercela

4.1 Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
4.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW - Siswa mampu menjelaskan pentingnya taubat.
- Siswa mampu menentukan perilaku unggulan Nabi.
Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS
Meneladani Nabi Ismail AS
- Menerapkan tentang sikap patuh seorang anak terhadap orangtuanya
- Siswa mampu menjelaskan perilaku yang dapat diteladani dari Nabi Ismail AS
Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS
Meneladani perilaku Nabi Musa AS - Menentukan sikap Nabi Ayyub AS ketika sakit
- Menentukan sikap Nabi Musa AS dalam menghadapi Fir’aun
Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab - Disajikan beberapa sifat tercela, siswa dapat menentukan perilaku dengki yang harus dihindari
- Siswa mampu menjelaskan bohong perilaku Musailamah
Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
Meneladani perilaku tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik - Menyebutkan jenis zakat
- Menentukan ukuran zakat fitrah tiap jiwa
- Menjelaskan arti Mustahik
- Menentukan waktu diwajibkan membayar zakat
5










Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji

5.2 Menyebutkan sunnat shalat
5.3 Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat
5.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat

- Menjelaskan pengertian tentang Sunnah Kauliyah
- Disajikan beberapa pilihan, siswa mampu menentukan syarat wajib shalat
- Siswa mampu menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat
Melakukan dzikir setelah shalat
Membaca do’a setelah shalat - Siswa mampu melengkapi bacaan dzikir setelah shalat
- Siswa mampu melengkapi harakat bazaan dzikir setelah shalat
Melafalkan lafal adzan dan iqamah
Mengumandangkan adzan dan iqamah - Siswa mampu melengkapi lafadz adzan
- Siswa mampu menjelaskan perbedaan adzan shalat subuh dan adzan shalat lainnya
Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadhan
Menyebutkan hikmah puasa - Menentukan salah satu Rukun Puasa
- Menyebutkan salah satu yang membatalkan puasa

- Menyebutkan salah satu hikmah puasa
Melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan
Melaksanakan tadarrus Al-Qur’an - Menjelaskan ketentuan shalat tarawih
Menyebutkan macam-macam zakat
Menyebutkan ketentuan zakat fitrah - Siswa mampu menjelaskan macam-macam
- Siswa mampu menjelaskan ketentuan zakat fitrah

B. Sekolah Menengah Pertama (SMP)

No. Standar Kompetensi Lulusan Kompetensi Dasar Indikator
1 Menerapkan tatacara membaca Al Quran menurut tajwid, mulai dari cara membaca Al Syamsiyah dan Al Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad waqaf
Hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Syamsiyah meliputi pengertian, pembagian hukum bacaan alif lam dan penerapannya pada bacaan Al Quran
Ditampilkan empat contoh bacaan yang mengandung huruf alif lam, siswa dapat memilih contoh bacaan al syamsiyah
Hukum nun mati/tanwin dan mim mati meliputi macam-macam dan penerapannya pada bacaan Al Quran Ditunjukkan empat ayat Al Quran yang mengandung hukum bacaan mim mati, siswa dapat menentukan salah satu contoh bacaan idgham bilaghunnah
Hukum bacaan qalqalah dan ra serta penerapannya pada bacaan Al Quran Diberikan empat pilihan jawaban, siswa mampu memilih pengertian qalqalah dengan benar
Melalui pemahaman siswa dapat menerapkan hukum bacaan qalqalah dengan memilih satu jawaban yang tidak mengandung hukum qalqalah
Hukum mad meliputi pengertian dan huruf-hurufnya dan waqaf serta penerapannya dalam bacaan Al Quran Dengan memahami pengertian tanda-tanda waqaf, siswa mampu menentukan cara mewaqaf bacaan sesuai tanda yang ditunjukkan
Disajikan QS. Al Baqarah : 4 – 5 siswa mampu menyebutkan hukum mad pada bagian yang bergaris bawah.
2 Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna
Iman kepada Allah, meliputi ayat-ayat, bukti dan implementasinya Ditampilkan QS. Al Qashash : 56, siswa mampu menunjukkan sifat Allah yang ditunjukkan dalil tersebut
Ditunjukkan ayat Al Quran yang berkenaan dengan salah satu dari 10 sifat Allah, siswa dapat menentukan salah satu ilustrasi yang tepat dengan sifat Allah tersebut dari empat ilustrasi yang berikan.
Iman kepada malaikat, meliputi pengertian dan nama serta tugas para malaikat Ditunjukkan satu fenomena alam, siswa dapat menunjukkan malaikat yang berperan dalam terjadinya fenomena tersebut.
Iman kepada kitab-kitab Allah, meliputi pengertian, nama-nama kitab Allah dan sikap mencintai al Quran sebagai kitab Allah Ditunjukkan empat ayat Al Quran, siswa dapat menunjukkan ayat yang merupakan dalil kewajiban beriman kepada kitab Allah.
Siswa mampu menunjukkan perbedaan beriman kepada kitab-kitab sebelum Al Quran dan beriman kepada Al Quran
Iman kepada qadha dan qadar Disajikan empat pilihan ilustrasi, siswa mampu menunjukkan ilustrasi yang tepat dengan pengertian qadar .
Asmaul husna, meliputi ayat-ayat tentang asmaul husna dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari Disajikan satu asmaul husna dan empat pilihan gambaran implementasinya, siswa dapat menentukan gambaran implementasi yang sesuai dengan asmaul husna yang dimaksud dalam kehidupan sehari-hari
3 Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasamuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah


Tawadu, taat, qanaah, sabar



Ditampilkan tiga contoh sikap tawadhu kepada sesama manusia dan satu yang bukan, siswa dapat menunjukkan yang bukan merupakan contoh sikap tawadhu kepada sesama manusia
Kerja keras, tekun dan teliti Siswa dapat menentukan ayat yang berhubungan dengan kerja keras
Zuhud dan tawakal, meliputi pengertian, ayat-ayat dan pembiasaan diri Siswa dapat menyebutkan contoh sikap zuhud dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menyebutkan contoh penerapan sikap tawakal dalam kehidupan seorang pelajar
Menjelaskan pengertian ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah Menjelaskan pengertian ananiah
Menjelaskan pengertian ghadab
Menyebutkan contoh - contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah Menyebutkan contoh perilaku ananiah
Menyebutkan contoh perilaku ghadab
Adab makan dan minum Ditampilkan QS. Al A’raf: 31, siswa mampu menyimpulkan maksud ayat yang bergaris bawah
Menjelaskan pengertian qana'ah dan tasamuh. Menjelaskan pengertian qana'ah
Menjelaskan pengertian tasamuh
Menjelaskan praktik tasamuh dalam kehidupan umat Islam pada jaman nabi Muhammad SAW.
Menampilkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh Menunjukkan contoh perilaku qana'ah dalam kehidupan sehari-hari.
Akhlak tercela (takabur) Ditampilkan lima contoh perilaku terdiri dari dua contoh perilaku takabur dan tiga contoh bukan perilaku takabur. Siswa dapat menentukan dua contoh perilaku takabur
Dendam dan munafik Siswa mampu menunjukkan dua contoh akibat buruk dari sikap dendam dari lima contoh akibat yang ditampilkan
Siswa dapat memberikan contoh sikap munafik dalam sejarah Islam
4 Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat
Perbedaan, pembagian hadas dan najis Menjelaskan pengertian hadats
Menyebutkan macam-macam hadats
Menjelaskan ketentuan –ketentuan shalat wajib Menjelaskan pengrtian shalat wajib
Menyebutkan syarat-syarat shalat
Menjelaskan ketentuan shalat sunnat rawatib Menjelaskan pengertian shalat sunat rawatib
Menyebutkan macam-macam shalat sunat rawatib
5 Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para shahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di Nusantara
Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah Menjelaskan perjuangan nabi Muhammad SAW dan para sahabat dalam membangun masyarakat Madinah
Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran Menjelaskan sejarah masuknya Islam di Nusantara
Menjelaskan sejarah masuknya Islam melalui perdagangan
Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi Menyebutkan beberapa kerajaan Islam di Pulau Jawa
Menyebutkan beberapa kerajaan Islam di luar Jawa
Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam Menjelaskan pengertian tentang seni budaya lokal yang bernuansa Islami.













C. Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK)

No. Standar Kompetensi Komampuan yang Diuji Indikator
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. • Menyebutkan arti dan mengidentifikasi tajwid QS Al-Mukminun: 12-14 yang berkaitan dengan proses penciptaan manusia.




• Menyebutkan arti, mengidentifikasi tajwid, dan menyimpulkan isi kandungan QS Adz Dzariyat: 56 yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah.






• Melengkapi dan menyebutkan isi kandungan QS Asy Syura: 38 yang berkaitan dengan demokrasi.




• Mengidentifikasi tajwid QS Al-Baqarah: 164 yang berkaitan dengan pengembangan IPTEK



• Mengidentifikasi tajwid dan menyimpulkan isi kandungan QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah: 164 yang berkaitan dengan pengembangan IPTEK


• Ditampilkan potongan QS Al Mukminun:12, siswa dapat menyebutkan arti potongan ayat QS Al-mukminun: 12.
• Ditampilkan potongan QS Al Mukminun:13, siswa dapat memilih bacaan tajwid yang terdapat dalam QS Al-mukminun: 13.

• Ditampilkan QS Adz Dzariyat: 56 secara utuh, siswa dapat menyebutkan arti potongan ayat yang digarisbawahi dari QS Adz Dzariyat: 56
• Ditampilkan potongan QS Adz Dzariyat: 56, siswa dapat memilih bacaan tajwid yang terdapat dalam QS Adz Dzariyat: 56.
• Ditampilkan potongan QS Adz Dzariyat: 56, siswa dapat menyimpulkan isi kandungan QS Adz Dzariyat: 56

• Ditampilkan potongan ayat QS Asy Syura: 38, siswa dapat melengkapi QS Asy Syura: 38
• Ditampilkan potongan ayat QS Asy Syura: 38 secara utuh, siswa dapat memyimpulkan isi kandungan QS Asy Syura: 38

• Disajikan QS Al-Baqarah: 164, siswa dapat menentukan hukum tajwid yang terdapat dalam QS Al-Baqarah: 164


• Ditampilkan ayat QS Yunus:101 secara utuh, siswa dapat menentukan hukum tajwid yang terdapat dalam QS Yunus:101
• Ditampilkan potongan ayat QS Yunus:101, siswa dapat menyimpulkan isi kandungan QS Yunus:101
2
Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna • Menjelaskan makna 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
• Menjelaskan hikmah beriman kepada Malaikat

• Menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah


• Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah




• Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir

• Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar
• Siswa dapat menyebutkan arti salah satu sifat Allah dalam Asmaul Husna.
• Siswa dapat menyebutkan hikmah beriman kepada Malaikat.
• Siswa dapat menyebutkan nama-nama kitab Allah.
• Siswa dapat mengidentifikasi isi pokok Al-Qur’an.
• Siswa dapat menyebutkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.
• Siswa dapat menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi.
• Siswa dapat mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah.
• Siswa dapat menunjukkan sikap beriman kepada Rasul-rasul Allah.
• Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir.
• Siswa dapat menyebutkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.
• Siswa dapat menunjukkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar.
3. Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan, taubat dan raja dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan fitnah • Menyebutkan pengertian dan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
• Menjelaskan pengertian taubat dan raja`



• Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir, dan fitnah
• Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir, dan fitnah • Siswa dapat menyebutkan pengertian husnuzzhan.


• Siswa dapat menunjukkan syarat-syarat taubat.
• Siswa dapat menyebutkan hikmah taubat.
• Siswa dapat membedakan antara taubat dengan raja.
• Siswa dapat menyebutkan pengetian isyraf.
• Siswa dapat menunjukkan akibat tabzir.
• Siswa dapat mengidentifikasi cara menjauhi fitnah.
4. Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam • Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
• Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam




• Menjelaskan ketentuan perkawinan dalam Islam.



• Menjelaskan hikmah perkawinan

• Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
• Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris



• Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris



• Menjelaskan hikmah hukum waris dalam Islam. • Siswa dapat menunjukkan kedudukan Al-Qur’an dalam hukum Islam.

• Siswa dapat menyebutkan rukun jual beli.
• Siswa dapat menunjukkan akibat praktik riba.
• Siswa dapat membedakan antara syirkah ’inan dengan ’abdan.
• Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri transaksi ekonomi Islam.
• Siswa dapat menyebutkan rukun nikah.
• Siswa dapat menyebutkan muhrim dalam nikah.
• Siswa dapat membedakan antara talaq raj’i dengan talaq ba’in.

• Siswa dapat menunjukkan hikmah nikah dalam Islam.
• Siswa dapat menunjukkan ketentuan. perkawinan menurut UU no. 1 Tahun 1974.
• Siswa dapat menunjukkan kewajiban yang harus dilakukan sebelum pembagian harta waris.
• Siswa dapat menunjukkan sebab-sebab seseorang mendapat harta waris.
• Disajikan contoh wafatnya seseorang dengan meninggalkan sejumlah harta warisan dan beberapa ahli waris, siswa dapat menghitung pembagian harta waris masing-masing.
• Siswa dapat menyebutkan hikmah hukum waris
5. Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia • Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah dan Madinah
• Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
• Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
• Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
• Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia.
• Siswa dapat menunjukkan strategi da’wah Rasulullah SAW pada periode Makkah.
• Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan Islam berkembang dengan cepat di Indonesia.
• Siswa dapat menunjukkan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
• Siswa dapat menunjukkan contoh perkembangan Islam di dunia.
• Siswa dapat mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar