Mengenai Saya

Pengikut

Jumat, 29 Januari 2010

UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PAI SMP

UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PAI SMP
Ujian Sekolah Berstandar Nasional bukanlah suatu hal yang menakutkan dan untuk menakut-nakuti siswa/i kita. Akan tetapi tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ,proses pembelajaran dan output penduidikan yang selama ini masih dirasakan sangat kosong dengan muatan akhlak dan mental bangsa ini. Seperti dapat kita lihat tawuran pelajar, bahkan mahasiswa yang notabene dianggap sebagai pilar pendidikan kita mau dibawa kemana? bagaimana orang yang tidak mengenyam pendidikan mungkin lebih brutal dari itu.
Untuk itu sebagai guru dalam peningkatan kualitas anak bangsa ini, mudah-mudahan mental bangsa ini semakin kuat paling tidak dapat bertahan untuk menjalankan sunnatullah dan ajaran yang dibawakan Rasulullah SAW. Hal ini tidak mungkin dapat dicapai kalau proses pendidikannya ketring dengan nilai-nilai ruhani, seperti kita kaji bagaimana dengan gembar-gembornya UN seolah-olah hanya pelajaran itu yang dianggap penting dan siswa diarahkan dan dibentuk menjadi manusia yang minimalis menguasai secara kognitif. Bukankah tujuan pendidikan adalah membangun mental generasi bangsa ini yang semakin hari semakin deras dengan arus globalisasi yang tidak semuanya positif bagi kehidupan.
Nah, bagaimana dengan USBN PAI di sekolah umum, kami menganggap sebagai salah satu proses bagaimana memupuk mental ruhaniah yang islami jika sistem pendidikan Indonesia seperti tanpa arah yang jelas, Tujuan dalam UU Sisdiknas begitu bagus dan ideal. Akan tetapi teknis di lapangan sangat jauh dari harapan, dimana pendidikan hanya menghasilkan generasi bangsa yang kering dengan nilai-nmilai ruhaniah tadi.
USBN PAI salah satu menjawab persoalan tersebut dengan cara mempekuat muatan, kualitas pendidikan Agama Islam terutama di sekolah umum yang nota bene penduduk Indonesia dominan belajar di sekolah tersebut.
Sebagai guru kita perlu kiranya untuk lebih mempersiapkan diri dalam pembinaan mental peserta didik kita,dan sebagai guru kita juga tidak boleh ketinggalan informasi. Ajarkanlah anak didik kita sesuai dengan era mereka, dimana anak-anak sudah canggih dengan informasi yang bisa di downloud setiap hari, dapat mengakses apa saja, nah sebagai guru minimal memberikan teladan bagaimana mensikapi arus informasi yang selalu datang ke hadapan peserta didik kita.
USBN PAI jadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah. USBN PAI Tahun ini rencana Depag semakin diperluas sambil menunggu SKB menteri Agama dengan Mendiknas ditandatangani tentang USBN tersebut. Bagi teman-teman pengurus MGMPPPAI di Jawa Barat. Silahkan kisi-kisi USBN PAI SMP Berikut dapat dikebangkan untuk dibedah oleg GPAI di Tingkat sekolah, Rayon, Wilayah atau Kabupaten/Kota di jabar.
By . Oleh Ruhyana ( MGMPPAI SMP Jabar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar