Mengenai Saya

Pengikut

Minggu, 31 Januari 2010

KISI-KISI USBN PAI SMP REVISI ( telah ditandatangani BSNP )

SALINAN


LAMPIRAN : SURAT KEPUTUSAN BERSAMA MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN MENTERI AGAMA
NOMOR .......TAHUN 2009 TENTANG UJIAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
telah ditetapkan Puspendik dan BSNP




B.
Sekolah Menengah Pertama ( SMP )





No.
Standar Kompetensi
Kemampuan Yang Diuji
Indikator
1
Menerapkan tata cara membaca Al Quran menurut tajwid, mulai dari cara membaca Al Syamsiyah dan Al Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf
Menerapkan hukum bacaan al Syamsiyah dan Al Qomariyah pada ayat Al Quran
Ditampilkan beberapa contoh bacaan yang mengandung hukum bacaan al, siswa dapat mengklasifikasikan contoh bacaan al syamsiyah
Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada ayat Al Quran
Ditunjukkan ayat Al Quran yang mengandung hukum bacaan nun mati/ tanwin , siswa dapat menyeleksi hukum bacaan idgham bighunnah
Ditampilkan potongan ayat Al Quran yang mengandung hukum bacaan mim mati, siswa dapat memilih bacaan ikhfa syafawi
Menerapkan hukum bacaan qolqolah dan ra pada ayat Al Quran
Ditampilkan ayat Al Quran yang mengandung contoh hukum bacaan qolqolah, siswa dapat memilih bacaan yang mengandung hukum bacaan qolqolah kubra
Ditampilkan contoh hukum bacaan ra, siswa dapat menyeleksi contoh hukum bacaan ra tarqiq
Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf pada ayat Al Quran
Disajikan ayat Al Quran yang mengandung hukum bacaan mad, siswa dapat menyeleksi hukum bacaan mad wajib muttashil.
Disajikan ayat Al Quran yang mengandung tanda waqaf, siswa dapat menunjukkan tanda waqaf lazim.
Membaca dann menjelaskan makna QS. At Tin
Ditampilkan ayat dari QS. At Tin secara acak, siswa dapat menyusun ayat dengan benar.

Ditampilkan salah satu ayat QS. At Tin, siswa dapat menyimpulkan maknanya yang benar.

Menerjemahkan QS. Al Insyirah
Ditampilkan QS. Al Insyirah, siswa dapat menyebutkan arti dari salah satu ayat QS. Al Insyirah

2
Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari rukun kepada Allah sampai iman kepada Qdha dan Qadar serta Asmaul Husna
Mengimplementasikan iman kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari
Ditampilkan salah satu ayat QS . Al Ikhlas siswa mampu menentukan sifat wajib bagi Allah yang terdapat pada ayat tersebut.
Ditampilkan ilustrasi tentang perilaku yang mencerminkan implementasi iman kepada Allah, siswa dapat memilih sifat wajib bagi Allah yang sesuai dengan ilustsai tersebut.
Mengimplementasikan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari
Dipaparkan ilustrasi perilaku seseorang yang mencerminkan implementasi asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat memilih asmaul husna yang sesuai dengan ilustrasi
Mengimplementasikan Iman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari
Dideskripsikan satu fenomena alam, siswa dapat menentukan malaikat yang berkaitan dalam terjadinya fenomena tersebut.
Mengimplementasikan Iman kepada kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari.
Ditampilkan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan beriman kepada kitab-kitab Allah, siswa dapat membuktikan perwujudan cara beriman kepada kitab-kitab Allah.
Ditampilkan beberapa perilaku terhadap Al Quran, siswa dapat mengkategorikan perilaku mencintai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.
Menerapkan iman kepada rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari
Ditampilkan beberapa nama rasul, siswa dapat mengklasifikasikan nama-nama rasul yang bergelar ulul azmi.
Dipaparkan secara singkat kisah Nabi Muhammad SAW, siswa dapat mengkorelasikan kisah tersebut dengan salah satu sifat wajib bagi rasul.
Menceritakan proses kejadian kiamat dan peristiwa setelah harikiamat
Ditampilkan tanda-tanda kiamat, siswa dapat mengidentifikasi tandap-tanda kiamat kubra.
Ditampilkan peristiwa setelah hari kiamat, siswa dapat mengkaitkan peristiwa tersebut dengan ayat Al Quran yang sesuai.
Mencontohkan cara beriman kepada Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari
Dipaparkan ilustrasi peristiwa sehari-hari, siswa dapat memilih contoh taqdir mubram
Dipaparkan ilustrasi peristiwa sehari-hari, siswa dapat memilij contoh taqdir mu'allaq.
3
Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasamuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah
Menerapkan perilaku terpuji ( Tawadu, taat, qanaah, sabar ) dalam kehidupan sehari-hari
Dideskripsikan cerita tentang perilaku terpuji, siswa dapat menunjukkan contoh salah satu perilaku terpuji
Disajikan gambar tentang musibah, siswa dapat menunjukkan sikap sabar dalam menghadapi musibah
Menerapkan perilaku terpuji ( kerja keras, tekun, ulet dan teliti ) dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan contoh perilaku terpuji, siswa dapat mengkategorikan contoh perbuatan ulet.
Menerapkan perilaku terpuji ( Zuhud dan tawakal ) dalam kehidupan sehari-hari
Dipaparkan ilustrasi perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat mengkategorikan perilaku zuhud
Mengklasifikasikan dan menghindari perilaku tercela ( ananiyah,ghadab, hasad, ghibah dan namimah ) dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat mengklasifikasikan perilaku tercela
Ditampilkan pernyataan tentang cara menghindari perilaku tercela , siswa dapat menyeleksi cara menghindari perilaku tercela
Menerapkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan ilustrasi tentang pelaksanaan standyng party pada sebuah acara, siswa dapat menilai perilaku berkenaan dengan adab makan dan minum
Ditampilkan QS. Al Baqarah ayat 168 dengan artinya, Siswa dapat menganalisis contoh makanan halal dan thayib
Menerapkan perilaku qanaah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan ilustrasi keadaan hidup seseorang dengan segala keterbatasan, siswa dapat mengkategorikan sikap qona'ah
Menampilkan perilaku qanaah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan ilustrasi kegiatan siswa yang melibatkan antar pemeluk agama yang berbeda, siswa dapat menyimpulkan perilaku tasamuh.
Menghindari perilku tercela (takabur) dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan beberapa pernyataan tentang cara menghindari perilaku tercela , siswa dapat menentukan cara menghindari perilaku takabur
Mengklasifikasikan akibat perilaku tercela ( dendam dan munafik ) dalamkehidupan sehari-hari
Disajikan ilustrasi tentang contoh perilaku tercela , siswa dapat menemukan akibat buruk dari perilaku dendam
4
Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan berjamaah baik shalat wajib maupun shalat sunnat
Membedakan cara menyucikan hadas dan najis
Ditampilkan wacana seseorang yang terkena najis, siswa dapat menjelaskan cara menyucikan najis
Mengklasifikasikan sebab-seba mandi wajib
Disajikan keadaan yang menyebabkan seseorang mandi wajib, siswa dapat mengelompokkan penyebab mandi wajib
Menerapkan ketentuan-ketentuan shalat wajib
Ditampilkan pernyataan yang berkaitan dengan aktivitas shalat, siswa dapat mengklasifikasikan sunnah-sunnah dalam shalat.
Ditampilkan enam rukun shalat fardu, siswa dapat mengurutkan rukun shalat dengan benar
Ditampilkan gambar salah satu rukun shalat, siswa dapat menunjukkan bacaan shalat sesuai gambar
Menerapkan shalat jamak dan qashar
Ditampilkan keadaan seseorang yang dalam perjalanan siswa dapat memilih cara mengerjakan shalat jamak dan qashar
Menerapkan ketentuan shalat sunnah rawatib
Ditampilkan tabel tentang nama shalat fardhu dan jumlah rakaat shalat rawatib, siswa dapat menentukan pasangan yang tepat antara shalat wajib dan shalat sunnat rawatib.
Ditampilkan hikmah shalat sunnah, siswa dapat menentukan hikmah shalat sunnah dalam kehidupan sehari-hari
Menyebutkan contoh shalat sunnah berjamaah dan munfarid
Ditampilkan daftar nama-nama shalat sunnah, siswa dapat menentukan shalat sunnah yang dikerjakan secara berjamaah
Ditampilkan keadaan seseorang yang sedang dihadapkan pada suatu pilihan, siswa dapat menentukan shalat sunnah yang harus dikerjakan
4
Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad SAW dan para sahabat serta menceritakan sejarah masuk an berkembangnya Islam di Nusantara
Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk manusia dan bangsa
Ditampilkan wacana/kisah yang terjadi pada masa nabi Muhammad SAW, siswa dapat menunjukkan sifat Rasulullah dalam kaitannya dengan misi beliau untuk semua manusia dan bangsa

Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dalammenghadapi masyarakat Makkah
Melalui wacana tentang suatu upaya penindasan kaum kafir Quraisy, siswa dapat menyimpulkan sifat keteladanan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dalam menghadapi tekanan masyarakat
Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat di Madinah
Ditampilkan empat poin isi Piagama Madinah, siswa dapat memilih poin yang mencerminkan sikap toleransi
Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abasiyah beserta peranan ilmuwan Islam
Disajikan beberapa hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini, siswa dapat mengemukakan ilmuwan muslim yang turut berperan dalam pengembangannya pada masa Abasiyah.
Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
Ditampilkan peta Sulawesi, siswa dapat menjelaskan kerajaan Islam yang ada di pulau tersebut.
Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
Disajikan ilustrasi tentang budaya lokal hasil akulturasi budaya Islam.Siswa dapat mengkategorikan budaya tersebut sesuai dengan hukum Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar