Mengenai Saya

Pengikut

Jumat, 22 Januari 2010

Jawa Barat siap pelaksanaan USBN PAI SD,SMP,SMA/SMK


Kepala Bidang Mapenda dan Kasi Kurikulum Kantor Wilayah Kementrian Agama Jawa Barat sedang mengadakan sosialisasi USBN Pendidikan Agama Islam di SD,SMP,SMA,SMK di wilayah Propinsi Jawa Barat.

Peserta yang diundang pada tahap pertama ini sebanyak 25 orang dari Unsur GPAI SD,SMP,SMA/SMK dan pengawas sesuai jenjang pendidikan. Dan sebagai tindak lanjut dari sosialisasi ini beberapa GPAI dari perwakilan kabupaten/kota di Jawa Barat rencananya akan diundang kembali untuk mematangkan sosialisasi percobaan USBN di Wilayah Jabar.

Sebagai pengurus MGMP Kab. Bogor dan Propinsi Jawa Barat tentunya ini merupakan salah satu gerbang menuju Pendidikan Agama Islam semakin eksis dan menjadi suatu tantangan bagi peningkatan kualitas pembelajaran PAI selama ini. Hal ini untuk merubah imej bahwa PAI merupakan bidang study yang termarjinalkan di kalangan sekolah baik manajemen sekolah, siswa maupun masyarkat. Sehingga perekrutan GPAI pun sering kali terabaikan, padahal begitu pentingnya mental pendidikan, tujuan hidup dalam pendidikan ada pada ajaran agama yang dianut. Bagaimana akan menghasilkan pendidikan mental yang baik sebagai bangsa ini kalau sistem yang dibuat selama ini memarjinalkan pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dirasakan bagaimana mental hedonistis masyarakat Indonesia yang semakin keliru perlu diadakan perubahan secara sistematis dalam pendidikan terutama di sekolah. Karena hampir 90 persen kalau boleh dikatakan peserta didik mengenyam pendidikan di sekolah bukan di madrasah.

Dengan adanya USBN merupakan salah satu solusi dalam peningkatan mentalitas pendidikan agama Islam selama ini. Hal ini tentunya dibutuhkan kesiapan mentalitas GPAI, manajemen sekolah, stakeholder sekolah, pemerintah, peserta didik dan sistem pendidikan yang mengetengahkan kualitas hidup dengan peningkatan mentalitas bangsa ini. Tidak dapat dibayangkan generasi bangsa ini kalau sistem pendidikan selama ini hanya membuat generasi yang minimailis sesuai dengan standar minimal kelulusan saja, padahal tujuan pendidikan salah satunya mempersiapkan peserta didik dapat hidup religius, dekokratis dan membekali masa depan mereka. Bagaimana bisa membekali kualitas hidup di masa depan jika pendidikan masih berbicara minimalis tadi.

Sebagai praktisi pendidikan kami sebagai MGMPPAI di Tingkat Propinsi Jawa Barat sangat menyambut percobaan kedua pada tahun ajaran 2009/2010 tentang USBN yang semakin diperluas. Kesiapan ini akan sangat berharga apabila dari pihak Pemda Jawa Barat dan Instansi terkait mulai dari Dinas pendidikan, Departemen Agama, Sekolah dan peserta didik memberikan dukungan demi perbaikan sistem pendidikan yang ada. Karena yang akan merasakan peningkatan kualitas pendidikan bukan GPAI semata, akan tetapi semua masyarakatakan merasakannya.

Bravo GPAI, Selamat USBN PAI untuk SD,SMP,SMA,SMK di Jabar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar